Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi – Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari sekarang ini sangat pesat sekali, baik mencari informasi maupun menerima informasi sehingga dapat membantu manusia memudahkan permasalahan yang sedang dihadapinya. Pada era Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, komunikasi merupakan hal yang sangat penting sekali. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan seseorang, bisnis, pendidikan.

Perkembangan perangkat Teknologi Informasi Komunikasi yang sangat pesat ini telah membawa kita ke globalisasi informasi. Penguasaan terhadap perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi yang serba canggih merupakan suatu perkara penting untuk dikuasai oleh kita semua, karena dapat menjadi dasar untuk menguasai ilmu pengetahuan lainnya di era globalisasi. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui pengertian Teknologi Informasi Komunikasi saat ini.

Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi

Perpaduan teknologi berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 Teknologi Informasi Komunikasi masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Ada beberapa pengertian Teknologi Informasi Komunikasi menurut para pakar teknologi di antaranya:

1. Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi Menurut Haag dan Keen 

Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi Menurut Martin 

Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

3. Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi Menurut Williams dan Sawyer 

Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

4. Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi Menurut Susanto

Teknologi Informasi Komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah atau dua arah.

5. Pengertian Teknologi Informasi Komunikasi Menurut Eric Deeson

Kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara keseluruhan tidak didefinisikan secara lebih khusus.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama.

Baca Juga:  Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para Ahli

Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor.

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi

Memahami pengertian Teknologi Informasi Komunikasi pada masa sekarang sangat penting sekali. Mulai dari perorangan, lembaga umum sampai lembaga pemerintah, semua memerlukan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peranan Teknologi Informasi Komunikasi telah merasuki ke segala bidang dan berbagai lapisan masyarakat. Contoh kecil masyarakat sekarang ini sudah mencari informasi dari perangkat seluler dengan mudah.

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi di Bidang Pemerintahan

Komputer memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah. Penggunaannya mulai dari sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain-lain.

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi di Bidang Keuangan dan Perbankan

Sekarang ini dalam sebuah bisnis, banyak orang yang tidak menggunakan uang tunai dalam pembayarannya. Mereka memanfaatkan layanan perbankan modern, dimana layanan ini dianggap lebih efisien dan tidak menghabiskan banyak waktu, mengingat aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi di Bidang Pendidikan

Saat ini komputer sudah banyak dipergunakan di sekolah-sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Selain digunakan sebagai alat bantu kegiatan belajar mengajar, juga bersifat audio-visual untuk memudahkan proses pembelajaran itu sendiri.

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi di Bidang Industri

Dalam bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi. Misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.

Dampak Positif Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi

Dengan perkembangan dan memahami pengertian Teknologi Informasi Komunikasi dapat meningkatkan kehidupan manusia. Yang berarti keberadaan Teknologi Informasi Komunikasi dapat memberi manfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika menggunakan telepon, menonton televisi, mengerjakan tugas dengan computer dan menggunakan fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.

Baca Juga:  Pengertian Hak dan Kewajiban Menurut Para Ahli Lengkap

Dampak Positif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memungkinkan dan memudahkan manusia untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat.  Aktivitas komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih muda dan cepat menggunakan alat-alat Teknologi Informasi Komunikasi.

Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi

Perkembangan pengertian Teknologi Informasi Komunikasi sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para penggunanya. Namun, ketika nalar, kemampuan dan iman kita belum memadai atau tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan TIK tidak hanya menimbulkan efek positif, tetapi juga menimbulkan efek negatif. Efek negatif tersebut disebabkan oleh perkembangan ilmu IPTEK. Penguasaan IPTEK bahkan digunakan untuk menggali prosedur yang jujur sehingga cyber crime. Selain itu Penguasaan IPTEK malah digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah cyber porn.

Adapun efek negatif lainnya dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah semakin maraknya aktivitas pembajakan program computer dan VCD, CD, DVD. Aktivitas tersebut merupakan tindak kriminal yang diatur undang-undang karena termasuk kegiatan ilegal yang merugikan pihak lain.

Demikian pengertian Teknologi Informasi Komunikasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat membantu kita semua dalam memahami manfaat dalam penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi di era globalisasi ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini