Teori Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Istilah Administrasi Publik berasal dari dua suku kata yaitu administrasi dan publik. Administrasi dalam bahasa Belanda disebut administratie yang berarti tata usaha atau urusan pencatatan. Dalam bahasa Inggris administrasi berasal dari kata ad yang berarti intensif dan ministrate yang berarti to serve atau melayani. Jadi administrasi adalah pemberian pelayanan secara intensif. Sedangkan publik berasal dari bahasa yunani yaitu pubes yang berarti matang atau dewasa dan koinon yang berarti bersama. Publik juga diartikan sebagai praja atau rakyat, pamong praja berarti pelayan rakyat. Publik diartikan juga sebagai polis atau politic yang berarti politik, negara, dan pemerintah. Publik dalam hal ini diartikan sebagai sekelompok individu dalam jumlah besar yang memiliki kebersamaan berfikir, perasaan, harapan, sikap dan tindakan yang benar dan baik berdasarkan nilai-nilai norma yang mereka miliki. Dari penjelasan diatas kita sudah bisa mendapatkan gambaran tentang apa itu teori Administrasi Publik.

Administrasi berdasarkan istilahnya dibagi menjadi 3 definisi, yaitu:

  • Administration of public (administrasi dari publik) dimana administrasi bertindak sebagai agen tunggal yang berkuasa, regulator, selalu aktif dan berinisiatif.
  • Administration for public (administrasi untuk publik) dimana pemerintah berperan dalam misi pelayanan, pelayanan yang diberikan sudah responsif dan tanggap.
  • Administration by public (administrasi oleh publik) dimana administrasi berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, mengutamakan kemandirian dan kemampuan masyarakat.

Jika Administrasi Publik dimaknai sebagai segala hal yang terkait dengan fungsi-fungsi publik, maka publik disini mencakup pemerintah; nilai nilai kelompok dan organisasi dan bagaimana nilai-nilai tersebut diekspresikan; bagaimana fungsi organisasi sukarela, NGO, bisnis dan pemerintah; dan bagaimana organisasi pemerintah, non pemerintah ataupun bisnis saling berinteraksi.

Teori Administrasi Publik Menurut Para Ahli

Baca Juga:  Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi teori Administrasi Publik menurut para ahli:

  • Nigro dan Nigro : Public administrastion is what the government do, artinya administrasi publik itu adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh pemerintah (terutama lembaga Eksekutif) dalam sarana birokrasi untuk memecahkan masalah kemasyarakatan atau publik. Felix A. Nigro membagi definisi administrasi publik ke dalam empat pengertian, yaitu : (1) Suatu usaha kelompok yang bersifat kooperative dalam lingkungan pemerintah; (2) Meliputi seluruh ketiga cabang pemerintah, eksekutif, yudikatif dan legislatif serta pertalian diantara ketiganya; (3) Mempunyai peranan penting dalam formulasi kebijaksanaan publik dan merupakan bagian proses politik; (4) Amat berbeda dengan administrasi privat; (5) Berhubungan erat dengan berbagai macam kelompok. Kelompok privat dan individual dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Harmon dan Meyer : Public Administration is what civil official do, artinya administrasi publik adalah apa yang dilakukan oleh pegawai negeri dalam hal ini adalah administrator, birokrat, atau pegawai negeri sipil yang dibebani tugas pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Gerald Caiden : Administrasi Publik adalah segala kerjasama yang dilakukan untuk urusan atau kepentingan orang banyak.
  • Leonard D. White : Administrasi publik adalah semua kegiatan dan usaha untuk mencapai tujuan dengan mendasarkan pada kebijakan negara.
  • John M. Pfiffner : Public Administration involvesthe implementation of public policy which has been outline by political body, yang artinya administrasi publik meliputi pelaksanaan kebijakan negara yang telah ditetapkan oleh badan perwakilan politik.
  • E.H. Lichfield : Administrasi Negara adalah suatu studi mengenai bagaimana bermacam-macam badan pemerintah diorganisir, dilengkapi tenaga, tenaganya dibiayai, digerakkan dan dipimpin.
  • Chander dan Plano : administrasi publik adalah proses dimana sumberdaya dan personel publik diorganisir dan dikoordinasikan untuk memformulasikan dan mengelola keputusan-keputusan dalam kebijakan publik.
  • Arifin : Administrasi Publik adalah ilmu yang mempelajari pelaksanaan dari politik negara.
  • Edward : Administrasi publik adalah studi mengenai bagaimana bermacam-macam badan pemerintahan diorganisir, diperlengkapi dengan tenaga-tenaganya, dibiayai, digerakkan, dan dipimpin.
  • Barton dan Chapel : Administrasi Publik adalah pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah.
  • Nicholas Henry : Administrasi publik adalah suatu kombinasi yang kompleks antara teori dan praktek, dengan tujuan mempromosikan pemahaman terhadap pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat yang diperintah dan mjuga mendorong kebijakan publik agar lebih responsif terhadap kebutuhan sosial.
  • Prayudi : Administrasi publik adalah administrasi daripada negara sebagai organisasi, dan administrasi yang mengejar tercapainya tujuan yang bersifat kenegaraan.
  • David Rosenbloom : Administrasi publik adalah merupakan pemanfaatan teori-teori dan proses manajemen, politik dan hukum untuk memenuhi keinginan pemerintah di bidang legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini