Manfaat Organisasi

Manfaat Organisasi

Sebuah organisasi tidak hanya harus memiliki tujuan, akan tetapi juga harus memiliki manfaat terutama bagi anggotanya. Salah satu manfaat yang bisa di dapat dari sebuah organisasai adalah membentuk mental individu yang berani dalam mengungkapkan pendapat di depan umum, bertukar pikiran, kerjasama dalam sebuah tim untuk dapat tercapai tujuan dari organisasi tersebut. Adapun manfaat yang didapat dari sebuah organisasi, adalah melatih leadership, memperluas relasi dan pergaulan, pembelajaran kerja yang sesungguhnya, pembentukan terhadap karakteristik seseorang, peningkatan terhadap wawasan serta pengetahuan seseorang, mampu menghadapi segala tekanan yang diberikan, serta mampu mendesain serta menciptakan management waktu.

Mengikuti atau menjadi bagian dari sebuah organisasi mempunyai dampak sangat besar untuk kehidupan, karena dalam sebuah organisasi bisa di ibaratkan sebagai masyarakat dalam lingkup kecil. Selalu ada masalah yang perlu dipecahkan bersama, sikap saling menjaga dan bertanggungjawab terhadap keutuhan anggota atau pun mempertahankan sebuah kelompok, memberikan gambaran sebuah perjuangan panjang, dan ini akan sangat membantu ketika dalam penyelesaian masalah atau memberikan masukan kepada masyarakat dalam lingkup luas.

Selain itu beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dalam sebuah organisasi antara lain :

    1. Tercapainya sebuah tujuan : Organisasi dibentuk dari tujuan-tujuan bersama yang berkaitan, maka pencapaian tujuan yang dilakukan oleh orang banyak atau dalam artian anggota sebuah kelompok lebih berpeluang untuk mencapai tujuan yang lebih maksimal dan efektif.
    2. Melatih mental bicara di publik : mental berbicara didepan umum tidak setiap orang bisa peroleh dengan mudah, harus dengan pelatihan lama dan berkala. Sebuah organisasi, kelompok belajar, atau kelompok studi ilmiah bagi para mahasiswa adalah sebuah wadah yang tepatuntuk pengembangan public speaking.
    3. Mudah memecahkan masalah : karena dalam sebuah organisasi permasalahan adalah hal yang sangat sering terjadi, entah karena perbedaan pendapat atau permasalahan dalam segi fiskal sebuah kelompok. Pemecahan dari setiap permasalahan yang ada mengajarkan bagaimana harus bersikap dan menyikapi permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks dan majemuk.

Selain hal-hal diatas, masih banyak manfaat organisasi yang bisa diperoleh, namun disini tidak dijabarkan lebih lanjut, hal lain yang bisa kita dapatkan antara lain:

    1. Melatih Leadership
    2. Memperluas pergaulan
    3. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
    4. Membentuk karakteristik seseorang
    5. Kuat dalam menghadapi tekanan
    6. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik
    7. Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya

Baca Juga:  Tujuan Organisasi, Penetapan Tujuan serta Pengembangannya

Manfaat Mengikuti Organisasi

  • Melatih tanggung jawab. Dalam organisasi terdapat berbagai peraturan dan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh semua anggota dengan baik. Dalam melaksanakan dan melakukan beragam peraturan dan kegiatan harus dilandaskan dengan rasa ikhlas dan penuh tanggung jawab atas semua yang dilakukan. Melalui rasa tanggung jawab dalam melaksanakan setiap tugas akan memacu kita dalam mengembangkan sikap-sikap lain seperti disiplin, kepemimpinan, berani dan mudah bekerja sama.
  • Mempelajari cara menyelesaikan masalah. Dalam setiap kegiatan di dalam organisasi pasti terdapat masalah yang akan menghalangi kita. Setiap masalah dalam organisasi harus diselesaikan dan dihadapi oleh semua anggota melalui sebuah kerja sama bukan dihindari. Melalui setiap masalah yang kita lalui tersebut kita menjadi tahu cara menyelesaikan masalah dalam organisasi melalui musyawarah dan pembahasan bersama. Kita juga bisa belajar menghargai dan menerima setiap sudut pandang dan pendapat dari setiap orang dalam organisasi untuk menyelesaikan sebuah masalah. Hal ini lah yang membuat kita semakin terbiasa kedepannya untuk menyelesaikan masalah bukan menghindari masalah.
  • Mempererat hubungan dengan orang lain. Organisasi merupakan wadah bagi sekelompok orang artinya tidak hanya satu orang atau satu individu saja yang berperan dan bertugas di dalamnya melainkan semua anggota. Setiap tugas dan kegiatan organisasi akan dilaksanakan dan diselesaikan bersama-sama oleh semua anggota dan hal ini akan membantu kita mempererat hubungan dengan setiap anggota selain itu manfaat organisasi menjadi semakin nyata. Hal ini tentunya dapat bermanfaat bagi kita terutama dalam memperbanyak teman dan orang-orang yang akan terus membantu dan mendukung kita.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Dalam organisasi salah satu hal terpenting adalah cara berkomunikasi dengan anggota lain. Kita harus bisa membentuk sebuah komunikasi yang positif dan dapat dipahami dengan mudah oleh setiap anggota. Terutama bagi ketua organisasi maka dia haruslah orang yang pandai dalam berkomunikasi dan mengatur setiap anggota dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
  • Memberikan pengalaman baru. Manfaat dari mengikuti organisasi memberikan setiap kegiatan dan hal-hal baru yang kita lakukan akan menjadi sebuah pengalaman dan kenangan berkesan. Setiap organisasi pasti memiliki beragam kegiatan dan hal-hal menarik yang akan dilaksanakan oleh seluruh anggota. Hal ini akan sangat berguna dalam menambah pengalaman dan ilmu-ilmu baru yang tentunya sangat dibutuhkan untuk masa depan kita terutama saat bekerja nanti. 

Manfaat Pengembangan Organisasi

  1. Mengurangi dan menghilangkan kinerja yang buruk. Dalam hal ini kegiatan pengembangan akan meningkatkan kinerja pegawai saat ini, yang dirasakan kurang dapat bekerja secara efektif dan ditujukan untuk dapat mencapai efektivitas kerja sebagaimana yang diharapkan oleh organisasi.
  2. Meningkatkan produktivitas. Dengan mengikuti kegiatan pengembangan berarti pegawai juga memperoleh tambahan ketrampilan dan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi pelaksanaan pekerjaan mereka. Dengan semikian diharapkan juga secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas kerjanya.
  3. Meningkatkan fleksibilitas dari angkatan kerja. Dengan semakin banyaknya ketrampilan yang dimiliki pegawai, maka akan lebih fleksibel dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan kemungkinan adanya perubahan yang terjadi dilingkungan organisasi sehingga manfaat organisasi semakin terlihat. Misalnya bila organisasi memerlukan pegawai dengan kualifikasi tertentu, maka organisasi tidak perlu lagi menambah pegawai yang baru, oleh Karena pegawai yang dimiliki sudah cukup memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.
  4. Meningkatkan komitmen karyawan. Dengan melalui kegiatan pengembangan, pegawai diharapkan akan memiliki persepsi yang baik tentang organisasi yang secara tidak langsung akan meningkatkan komitmen kerja pegawai serta dapat memotivasi mereka untuk menampilkan kinerja yang baik.
  5. Mengurangi turn over dan absensi. Bahwa dengan semakin besarnya komitmen pegawai terhadap organisasi akan memberikan dampak terhadap adanya pengurangan tingkat turn over absensi. Dengan demikian juga berarti mempunyai manfaat meningkatkan produktivitas organisasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini